Rabu, 23 November 2011

BLACK HAWK DOWN

Black Hawk Down (2001) diangkat dari novel laris berjudul sama karya Marc Bowden.
Baik buku maupun filmnya mengangkat kisah nyata tentang suatu misi tentara Amerika Serikat di Somalia pada tanggal 3 Oktober 1993. Pada tanggal tersebut, hampir 100 orang tentara dari pasukan Army Rangers di bawah komando Kapten Mike Steele diturunkan dengan helikopter di tengah-tengah Ibu Kota Mogadishu untuk menangkap panglima perang paling Somalia paling dicari, Mohamed Farrah Aidid.
Tindakan ini menyulut pertempuran besar dan berlarut-larut antara Rangers dan ratusan pria bersenjata Somalia. Mereka berupaya membuat jatuh helikopter-helikopter Black Hawk yang membawa tentara-tentara Amerika tersebut.
Karena film ini dibuat dari sudut pandang Amerika Serikat, maka kisah perjuangannya terletak pada kegigihan para tentara Amerika mempertahankan helikopter agar tidak jatuh sekaligus berhasil menjalankan misi. Disutradarai Ridley Scott, Black Hawk Down menyuguhkan kesegaran baru film peperangan. Menampilkan unsur-unsur peperangan modern dengan kompleksitas permasalahan yang juga kekinian. Jadi ikut terbayang nyata bagi yang menonton, bahwa seperti itulah kondisi peperangan zaman sekarang.

Menampilkan sederet bintang populer diantaranya Josh Hartnett, Ewan McGregor, Eric Bana dan Orlando Bloom, Black Hawk Down berhasil memboyong piala Oscar tahun 2001 untuk editing film dan tata suara terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar